-->

Tahukah Kamu Apa itu Internet?

Internet

Kalian mungkin sudah banyak dan mungkin sudah lama sekali berselancar di dunia internet. Internet pasti sudah tidak asing lagi bagi orang-orang di zaman milenial ini. DI zaman sekarang ini semuanya serba mudah terutama dalam mencari informasi atau sekedar ingin tahu tentang sesuatu, dengan mengetikkan kata yang ingin ketahui di mesin pencari maka semua informasi yang kalian butuhkan akan langsung terpampang. Tentunya pencarian tersebut membutuhkan alat yakni komputer atau ponsel pintar yang terhubung pada jaringan internet. Dengan begitu apakah kalian tahu apa internet itu? Padahal digunakan setiap hari tetapi tidak tahu apa itu internet, nah jika pengen tahu maka selahkan baca artikel berikut ini:

A. Pengertian Internet

Internet berasal dari bahasa inggris, terdiri dari Inter dan Net. Internet adalah singkatan dari interconnection-networking yang artinya sistem otomatis dari komputer yang saling berhubungan melalui sebuah jaringan dengan penggunaan alat standar yang disebut dengan Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh penjuru dunia tanpa adanya batas waktu, teritorial, hukum dan budaya. Jika dalam dunia nyata internet identik dengan jaring laba-laba (WEB) yang menyebar dan menyelimuti bola dunia tertumpu dari titik-titik (Node) dan saling berkaitan satusama lain.

Internet akan bekerja apabila komputer terhubung dengan sebuah alat yang berfungsi sebagai koneksi antara komputer dengan komputer lain dengan sistem jaringan online. Untuk menghubungkan sebuah perangkat komputer dan lainnya ke sistem jaringan Internet, maka diperlukan alat berupa satelit, kabel, serat optik, modem, microwave, radio dan sering disebut Backbone.

Intinya Internet merupakan fasilitas untuk mediasi komputer dengan komputer lain yang saling berhubungan. Koneksi (hubungan) antara komputer dengan komputer lain bisa dilakukan dengan sebuah alat berfungsi sebagai penyambung dengan nama Backbone.

B. Sejarah Keberadaan Internet

Drew Heywood (1996) seorang pakar IT dan sejarah menjelaskan bahwa Internet muncul pada tahun 60 an. Proses munculnya Internet ini terjadi ketika United States Department of Defense (DoD) memerlukan standarisasi komunikasi Internetworking. Standar Komunikasi Internetworking tujuannya adalah untuk menghubungkan segala bentuk komputer yang berada pada sebuah departemen milik pemerintah AS. Tujuannya yaitu untuk mempermudah sekaligus untuk menjaga keamanan data dan file yang tersimpan dalam sebuah komputer.

Seiring perkembangan Internet di USA dan diketahuinya manfaat yang begitu besar dari sistem internet ini, maka pada tahun 1969 terbentuklah sebuah badan penelitian untuk ditugaskan melalukan riset dengan meneliti sebuah sistem jaringan komputer. Badan penelitian ini namanya adalah Advanced Research Project Agency (ARPA). Alat yang mereka gunakan untuk meneliti sebuah sistem jaringan komputer dengan menggunakan teknologi packet switching.

Pengesahan dan publikasi Internet mulai dikenal sejak dibagunnya sebuah jaringan untuk kali pertama pada tahun 1972. Jaringan ini terhubung di 4 tempat yaitu UCLA, UCSB, Utah dan SRI International. Jaringan ini telah berhasil menghubungkan lebih dari 20 Host atau ARPANet. Nah dan dari ARPANet inilah terbentuk sebuah alat yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer satu dengan komputer lainnya yang disebut dengan Backbone.

C. Fungsi Internet

Internet dan berbagai fasilitas di dalamnya memiliki fungsi sebagai berikut :

Media melakukan transfer file
Untuk melakukan akses pada server lain yang jaraknya dekat maupun jauh, baik dilakukan secara anonymous FTP (File Transfer Protocol) atau bukan anonymous FTP.

E-Mail
Sebagai sarana untuk saling mengirim surat (e-mail).

Marketing
Sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran secara online.

Mailing list atau newsgroup
sebagai media konferensi yakni digunakan untuk diskusi online dalam sebuah forum tertentu yang membahas permasalahan tertentu bagi pengguna web yang memiliki masalah dan topic yang sama untuk dibahas.

Chating 
adalah sarana web yang digunakan untuk berkomunikasi langsung bisa melalui tulisan maupun lisan.

Mesin pencari (search engine)
Mesin pencari (search engine) merupakan fasilitas yang disediakan oleh situs-situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan informasi yang kita butuhkan secara cepat.

Pesan (Message)
Untuk mengirim SMS ke telepon seluler.

Hiburan
Sarana entertainment dan juga permainan.

Penyimpanan
Menyimpan file multimedia seperti, audio, foto, dokumen, maupun video
Media Sosial
Menjalin persahabatan / mencari teman baik local maupun mancanegara dengan situs jejaring sosial. 

Sharing
Menyalurkan ide kreatif ide melalui jogging a blog.

D. Manfaat Internet

Banyak sekali manfaat yang dari adanya Internet ini. Tentunya bahwa dengan menggunakan fasilitas internet kita dapat mengetahui berbagai informasi dari seluruh belahan dunia. Untuk menjelajahi dunia dan mengetahui informasi dunia saat ini, maka Internet adalah fasilitas valid yang dapat kalian gunakan.

Bila digunakan dengan benar dan bijaksana, internet memiliki begitu banyak nilai positifnya. seperti kita dapat berkomunikasi dengan teman atau orang lain di tempat yang berbeda, juga bagi para pelajar yang ingin mendaftar sekolah atau lanjut ke perguruan tinggi sekarang telah banyak dilakukan secara online, dll.

Nah itulah singkatnya pengertian, sejarah, fungsi serta manfaat dari internet yang dapat saya paparkan, mungkin jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar besarnya. Terimakasih telah berkunjung ke Blog saya dan jangan lupa tinggalkan komentarmu di bawah ya.

0 Response to "Tahukah Kamu Apa itu Internet?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel