-->

Pengertian Internet www

Apa itu World Wide Web ( www )?
www atau World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses menggunakan software yang disebut dengan web browser. Hingga sekarang ini sudah banyak web browser yang dapat digunakan dan diantaranya yang sering digunakan yaitu Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, MozillafireFox, Opera, Google Chrome, dsb.

World Wide Web atau WWW atau singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman web ini tersebar di seluruh penjuru dunia pada komputer-komputer server yang terhubung dengan Internet. Situs-situs seperti www.yahoo.com atau www.microsoft.com adalah web site yang sudah lama ada dan menyediakan banyak sekali fasilitas sehingga halaman dalam situs ini juga sangat banyak.
Bayangkanlah sendiri jumlah keseluruhan halaman web di internet....???

Halaman Web adalah halaman yang terpampang pada sebuah software web browser. Halaman ini seperti file dokumen word-processing, kecuali didalamnya dapat terkandung text, gambar bahkan animasi. Kemudian untuk membuat halaman web ini kamu harus tahu tentang apa itu skrip ( script ) HTML ( hyper-text markup language ).

Situs Web itu sendiri terdiri dari beberapa halaman web yang saling berkaitan/terkait (linked) antara yang satu dengan yang lainnya dengan suatu cara tertentu. Kebanyakan orang masih rancu dengan definisi ini sehingga mempersulit pemahaman selanjutnya.

Salah satu keunggulan World Wide Web adalah hyperlink. Hyperlink adalah teks (biasanya) berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Hyperlink ini apat diletakkan di mana saja di dalam halaman web dan boleh diatur untuk menuju ke mana saja di seluruh web. Ketika kamu mengunjungi sebuah halaman web, kamu dapat langsung mengklik sebuah hyperlink dan komputer akan mengambil (mendownload) situs/halaman yang di link pada hyperlink tersebut dan menampilkan situs/halaman pada web browser.

Secara umum, pembuat situs web akan meletakkan banyak hyperlink di situs mereka agar membantu para pengunjung disitusnya untuk menemukan situs lain yang berhubungan/terkait dengan situs tersebut. Hyperlink ini dapat terhubung dengan situs lain di server lain di seluruh dunia.

Sejarah World Wide Web ( www )
Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Di bulan Maret tahun 1989, Tim Berners dan peneliti yang lain dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi pada Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh penjuru  dunia saling untuk membagi informasi, bahkan untuk menampilkan informasi-informasi tersebut dalam bentuk grafik.

Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pengguna harus mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan dari software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang bersistem Operasi UNIX, dan masih belum banyak yang dapat dilakukan oleh pengguna komputer saat itu yang sudah menggunakan Windows. Tapi semua ini berubah setelah kemunculannya browser Mosaic dari NCSA ( National Center for Supercomputing Applications ).

Di Mei tahun 1993, Marc Andreesen dan juga beberapa murid dari NCSA membuat Web browser yang digunakan untuk sistem X-Windows dengan berbasis grafik dan mudah untuk dipakai. Hanya dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian pengguna internet baik dari pemakai lama maupun pemakai baru. Kemudian NCSA mengembangkan berbagai versi Mosaic lainnya untuk komputer yang berbasiskan UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Di tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, kemudian bersama dengan Jim Clark, salah satu dari pendirinya Silicon Graphics, membuat Netscape versi yang pertama. Kemunculan Netscape ini telah menggantikan kepopuleran dari Mosaic sebagai Web browser dan bahkan hingga saat ini Netscape merupakan browser yang sudah banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.

Pada tahun yang sama juga CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang bernamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas membangun standar bagi teknologi Web.

Di awal perkembangannya, ketika browser masih berbasiskan teks atau tulisan saja hanya terdapat sekitar 50 website saja. Tetapi pada akhir tahun 1995 jumlahnya telah berkembang dan mencapai sekitar 300.000 website. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.

Apa saja Fasilitas dari 
World Wide Web ( www )?
Internet sering disebut sebagai rimba raya informasi dengan sekian banyak layanan yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, bahkan cukup banyak yang gratis. Hal ini menjadi salah satu daya tarik internet pada saat ini. Dan jika diamati lagi, bahwa sebenarnya semua itu adalah World Wide Web dengan berbagai layanan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa jenis layanan WWW yang perlu diketahui, antara lain :
1. Web Mail Service

2. Search Engine

3. Web Hosting

4. Portal

1. Web Mail Service
Salah satu dari layanan yang paling banyak dipakai orang-orang di internet adalah E-mail, dan untuk dapat saling berkirim lewat E-mail tentunya kita harus memiliki akun 
E-mail terlebih dahulu. Saat ini sudah cukup banyak situs web yang memberikan email account secaa gratis tanpa bayar. Kita bisa langsung memesan sebuah email account dengan nama tertentu sesuai dengan yang kita inginkan. Contoh : mail.yahoo.com, www.hotmail.com, www.gmail.com, dll. 

2. Search Engine
Seringkali kita ingin mencari sesuatu dari web, tapi kita belum tahu dimana alamat situs web yang memberikan layanan atau informasi yang kita cari. Dan perlu kamu ketahui jumlah situs web saat ini sudah mencapai ratusan juta situs dengan banyak layanan yang telah ditawarkan. Maka dari itu kita membutuhkan sebuah aplikasi bantu yang akan mencari apa yang ingin kita cari di situs-situs web. Alat bantu itu disebut Search Engine. Dengan menggunakan search engine maka kita akan cepat menemukan alamat situs yang berisi tentang informasi yang kita cari/butuhkan. Contoh situs search enngine : www.google.com, www.yahoo.com, dll.

3. Web Hosting
Setelah proses design dan proses penyusunan sebuah situs web selesai, maka selanjutnya kita akan upload situs tersebut di internet. Untuk itu kita membutuhkan web space untuk meletakkan/mengupload situs yang telah jadi itu. Bila kita berlangganan pada sebuah ISP, biasanya kita diberikan ruang ruang khusus untuk keperluan ini. Tetapi bila tidak demikian, kita bisa menggunakan layanan web hosting gratis yang telah ditawarkan di internet. Contoh situs yang menawarkan web hosting gratis yaitu : www.
X10Hosting.com, www.freehostia.comwww.awardspace.com, dll. 

4. Portal.
Jika di dunia nyata kita kenal dengan mall atau plaza yang menyediakan semua yang kita butuhkan ketika belanja, maka di dunia maya pun juga ada fasilitas seperti ini. Di dalam suatu situs web, tidak menawarkan hanya satu layanan saja, akan tetapi banyak macam layanan sekaligus. Situs ini disebut dengan Portal. Contoh portal: www.yahoo.com, www.astaga.com, dll.


Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Blog ini, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

0 Response to "Pengertian Internet www"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel