-->

Ini dia Pengertian HTTP dan HTTPS

http & https
HTTP & HTTPS

HTTP dan HTTPS protokol adalah kode yang akrab bagi pengguna internet, karena dalam setiap link yang merujuk ke situs web pasti menggukan HTTP dan HTTPS . Kode ini juga sering ditemui ketika kita ingin browsing atau membuka halaman web tertentu. Kita harus mengetik kode di awal dan diakhiri dengan titik dua dan dua garis miring ketika kita melakukan halaman web browsing yang ingin kita cari.

Pengertian Dan Perbedaan HTTP Dengan HTTPS

1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Hypertext Transfer Protocol singkatanya yaitu HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang dipakai untuk sistem informasi yang terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hypermedia yang banyak dalam memanfaatkan sumber daya yang terhubung dengan menggunakan link yang disebut dengan dokumen hypertext yang membentuk World Wide Web.

Sekilas Sejarah HTTP

Pada 1990 oleh seorang fisikawan dari Inggris yang bernama Tim Berners Lee. HTTP adalah protokol penyedia komunikasi antara perintah jaringan, yang tentu merupakan jaringan komunikasi antara komputer client dengan server web. Dalam komunikasi ini, komputer clientmelakukan permintaan dengan mengetikkan alamat atau website yang kalian ingin akses. Sementara server memproses permintaan berdasarkan kode protokol makan. 

HTTP disebut protokol stateless karena setiap perintah dijalankan secara mandiri, tanpa pengetahuan tentang perintah yang datang sebelumnya. Ini adalah alasan utama bahwa sulit untuk menerapkan sebuah situs web yang bereaksi secara cerdas untuk input pengguna.

2. Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS)

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) mempunyai arti yang sama juga seperti HTTP. akan tetapi HTTPS memiliki kelebihan di bidang fungsi keamanan (secure). HTTPS ditemukan oleh Netscape Communications Corporation. HTTPS ini menggunakan Secure Socket Layer(SSL) atau Transport Layer Security(TLS) yang digunakan sebagai sublayer bawah lapisan aplikasi HTTP biasa.

Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan penyadap. Secara umum, menggunakan port HTTPS adalah port 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algoritma enkripsi yang sebenarnya. Maka dari itu, penggunaan halaman web HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan  kata 
(Contoh https://www.facebook.com/.

HTTPS dapat menjamin keamanan di server Authentication peramban. HTTPS server aplikasi juga dapat mengamankan kerahasiaan data dan integritas data.

3. Perbedaan dan keuntungan HTTP dan HTTPS

Port default yang digunakan HTTP adalah 80, sedangkan HTTPS 443

Transmisi data di HTTP tidak aman karena tidak terenkripsi atau tidak terkunci. Sedangkan pada HTTPS aman, karena dienkripsi. Perlu diingat, keamanan pada web klien juga perlu diperhatikan untuk menghindari virus, keylogger, atau segala macam yang bisa membuat data bocor kepihak lain.

Untuk SEO
Saat ini hasil pencarian dimesin pencari (terutama Google) akan mengutamakan website yang telah memakai HTTPS untuk ditampilkan.

Untuk Keamanan
Transmisi data antara web klien dengan web server dienkripsi atau terjaga kerahasiaan datanya.

Terpercaya 
Membuat website kamu terpercaya. Dengan kepercayaan dari pelanggan, tak ayal lagi, konversi pengunjung menjadi pelanggan menjadi lebih mudah dan revenue Anda pun terdongkrak.

4. Cara Kerja

HTTPS bukanlah protokol yang terpisah, tetapi mengacu pada kombinasi Sockets interaksi HTTP lapisan yang normalnya dienkripsi melalui SSL Secure atau Transport Layer Security (TLS) mekanisme transportasi. Hal ini memastikan perlindungan yang wajar dari penyadap dan asalkan dilaksanakan dengan benar dan otoritas tingkat melakukan pekerjaan mereka dengan baik terhadap serangan.

Default port TCP HTTPS: URL adalah 443 untuk HTTP tanpa di enkripsi, defaultnya adalah 80. Untuk menyiapkan webserver untuk HTTPS harus terkoneksi sebagai administrator dan penerima harus membuat sertifikat kunci publik untuk server web.

Sertifikat bisa dibuat untuk server yang berbasis Linux dengan alat seperti Open SSL atau SuSE gensslcert. Web browser pada umumnya mendistribusikan proses penandatanganan otoritas sertifikat utama, kemudian merekapuna akan dapat memverifikasi sertifikat yang telah ditandatangani.

Bila menggunakan koneksi HTTPS, server merespon koneksi awal dengan menawarkan daftar metode enkripsi dukungan. Kemudian klien memilih metode sambungan dan klien serta sertifikat server otentikasi pertukaran untuk identitas mereka. Setelah itu, kedua belah pihak saling bertukar informasi yang terenkripsi setelah memastikan bahwa keduanya menggunakan kunci yang sama, dan koneksi tertutup.

Untuk menjadi host koneksi https, server harus memiliki sertifikat kunci publik, yang embeds informasi kunci untuk memverifikasi identitas pemilik kunci. Sebagian besar sertifikat diverifikasi oleh pihak ketiga sehingga klien yakin bahwa kuncinya adalah aman.

5. Keuntungan mengubah HTTP ke HTTPS

Untuk mengamankan komunikasi antara browser dengan web server. Ketika kamu mengakses web server yang menggunakan protokol HTTPS, halaman yang dikirim kepada kamu pertama kali dienkripsi oleh protokol ini. Dan semua informasi yang telah kamu kirim ke server pendaftaran, identitas, nomor pin, pembayaran transfer akan dienkripsi juga sehingga tidak ada yang dapat mendengar (eavesdropping) data saat transaksi sedang berlangsung. Jadi data transaksi kamu menjadi lebih aman.

Protokol HTTPS dapat ditemukan di situs-situs perbankan, e-commerce, formulir pendaftaran, dan lain-lain Karena dalam area bisnis ini rawan terjadi penyadapan oleh pihak ketiga. Untuk itu kamu memerlukan sertifikat SSL.

Koneksi internet menggunakan HTTPS lebih aman daripada menggunakan HTTP. Untuk itu banyak bank yang membuat layanan online mereka dengan menggunakan kode format HTTPS. Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan pelanggan saat melakukan transaksi online. Tidak hanya transaksi online, pemerintah atau lembaga juga melindungi keamanan dokumen pentingnya menggunakan HTTPS.

HTTP tidak terbatas untuk digunakan dengan TCP / IP, meskipun HTTP merupakan salah satu aplikasi protokol TCP / IP adalah yang paling populer di Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol lain melalui Internet atau melalui jaringan lainnya.

Jadi https itu sangat dibutuhkan pada sebuah website untuk SEO, trust, dan keamanan trasmisi data antar klien dan server. Saat ini website yang telah memakai https sangat diutamakan muncul pada hasil pencarian dimesin pencari, terutama Google.

0 Response to "Ini dia Pengertian HTTP dan HTTPS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel