-->

Cara Hapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android


Cara mengatasi file yang tidak bisa dihapus di android bisa dilakukan melalui beberapa cara. Di bawah ini aku akan menuliskan 5 saja mulai dari cara yang paling aman dan mudah hingga cara yang paling ekstrem karena harus mengorbankan banyak hal, wkwkwk. Cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android juga bisa dilakukan dengan cara cara ini karena pada dasarnya memiliki konsep yang sama.

Apa sebenarnya efek jika file yang tidak bisa dihapus ini dibiarkan? Tentu saja adalah membuat memori card menjadi penuh.


1. Menghilangkan atribut read only

Langkah pertama cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di android adalah dengan memeriksa atribut file. Atribute file bisa ‘read only’ yang berarti file hanya bisa dibaca dan bisa juga ‘hidden’ atau tersembunyi. Jika salah satu dari dua attribute ini aktif maka file tidak bisa dihapus maupun diedit, sehingga harus dinonaktifkan. Hal ini bisa juga disebabkan oleh virus.

Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memory card android ini bisa dilakukan melalui perangkat laptop agar mudah. Caranya adalah dengan Klik Kananpada file, kemudian pilih Propertise. Pada bagian bawah akan terlihat checkbox untuk atribute, hilangkan centang pada kedua checkbox tersebut. Kemudian file pasti akan bisa dihapus. 

2. Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memory card menggunakan SD Card Cleaner

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi yang paling populer untuk menghaspus file di memory card android adalah SD card cleaner. Aplikasi ini mampu menghapus file yang bandel dengan mudah bahkan untuk file file yang tersembunyi.

Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di android menggunakan SD Card Cleaner tentu saja diawali dengan mendownload aplikasi ini di Google PlayStore. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih file mana saja yang ingin dihapus, kemudian klik delete untuk menghapus file. Dalam beberapa saat file yang tidak bisa dihapus akan hilang dengan mudah. 

3. Hapus Menggunakan Laptop

Jika kamu menghapus file dari smartphone terkadang ada peringatan ‘Anda tidak memiliki izin untuk menghapus file’. Nah jika ini terjadi bukan berarti kamu harus bingung mencari izin sebagai cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memory card android. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menghubungkan memori card kamu ke laptop atau komputer. Kamu bisa menghubungkannya dengan kabel data maupun menggunakan card reader.

Setelah terhubung dengan komputer, coba cari file yang akan kamu hapus tadi. Kemudian hapus file tersebut seperti menghapus file biasa. Cara ini juga bisa diterapkan untuk cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android. File yang dihapus apabila berukuran kecil akan tersimpan di recycle bin laptop, sedangkan bila berukuran besar biasanya akan terhapus secara permanen. Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus ini tergolong sangat manjur dan ampuh. 

4. Cadangkan Dan Format Memory Card

Format ulang memory card mungkin menjadi hal yang sangat menakutkan bagi banyak orang. Hal ini karena memformat kartu memori berarti akan kehilangan seluruh file yang ada. Namun memformat memory card merupakan cara yang ampuh untuk membersihkan kartu memori dari semua isinya. Sehingga cara ini bukan hanya sebagai cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, tetapi juga sebagai cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android bahkan bisa menghilangkan virus yang ada di dalamnya.

Sebelum melakukan format micro sd sebaiknya file di backup terlebih dahulu ke dalam memori yang lain, laptop atau komputer misalnya. Baru setalah diformat, memory card kembali diisi dengan file file yang penting saja sedangkan file yang tadinya tidak bisa dihapus jangan dimasukkan kembali. 

5. Hapus File Melalui Pengaturan Android

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghapus file yang bandel tanpa komputer, laptop dan aplikasi untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus adalah melalui pengaturan android. Kamu hanya tinggal masuk ke Pengaturan kemudian cari bangian Penyimpanan kemudian pilih file mana saja yang ingin kamu hapus. Kamu bisa menghapusnya dengan mudah melalui bagian ini. Namun ini tidak serta merta bisa menghapus satu file saja karena bisa dikelompokkan berdasarkan jenis filenya.

Nah sekian tadi lima cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memory card android yang ampuh dan mudah. Kamu bisa memilih untuk menghapus melalui komputer atau laptop, menggunakan aplikasi maupun menggunakan pengaturan dari smartphone kamu. Sekian dulu bahasan kali ini, jangan lupa share dan komen. Semoga bermanfaat ^.^


0 Response to "Cara Hapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel