-->

Cara Kerja Email


Perkembangan teknologi telah mengubah berbagai lini kehidupan. Termasuk bagaimana cara berkomunikasi dan menyampaikan pesan. Dahulu, komunikasi kita lakukan dengan tata muka dan menyampaikan pesan kita lakukan dengan berkirim surat.

Tapi berkat adanya jaringan internet, kita bisa berkomunikasi bahkan bertatap muka meskipun ditempat yang berbeda. kita juga bisa mengirim pesan hanya dalam hitungan detik melalui jaringan email. Pertama-tama Kita awali dengan pembahasan apa itu email.

A. Pengertian Email dan Sejarah Singkat Email
Kamu mestinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya email, tapi tahukah kamu apa itu email? Email (Elektronik Mail) atau yang dalam bahasa Indonesis diterjemahkan sebagai Surat Elektronik adalah sarana menyampaikan surat (pesan) trmelalui media internet.

Medianya bisa berupa smartphone atau komputer yang penting terhubung dengan jaringan internet. Menariknya, email jauh lebih dahulu digunakan sebelum internet digunakan secara luas. Meskipun memang saat itu email masih serba manual dengan asli melalui tangan manusia dan namanya bukan email melainkan mail.

Awalnya email hanya bisa digunakan oleh sesama pengguna komputer dengan memanfaatkan jaringan LAN (Local Area Network). Yakni John Vital orang yang pertama kali menemukan software untuk pengaturan E-mail pada tahun 1975, sejak saat itu email  bisa tersebar luas dan menjadi populer.

Sementara program email yang digunakan pertama kali adalah Eudora yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988. Lalu pada tahun 1991, bersamaan dengan ditemukanya WWW (World Wide Web), Email makin tersedia secara luas dan dapat dinikmati secara gratis. Saat itu tampilanya juga sudah userfriendly. 


B. Fungsi dan Manfaat Email
Setelah mengetahui apa itu email, kemudian apa fungsi dan manfaatnya email? Email memiliki beragam fungsi dan manfaat. Tergantung dari sudat pandang mana kita melihat email. Email dapat didefinisikan juga sebagai alamat resmi kita di dunia maya. Melalui email, kita bisa bergabung diberbagai media sosia, mengirim berbagai file dan lainya.

Nah dari sekian banyak fungsi dan manfaat email, ada beberapa yang paling utama, yaitu:

1. Untuk melakukan pengiriman pesan
Fungsi utama email adalah mengirim dan membalas pesan. Email jauh lebih efisien jika dibanding dengan mengirim pesan melalui kertas. Bahkan dari sekian banyak media pengirim pesan di internet, mengirim pesan melalui email dianggap jauh lebih sopan dan formal.

Bersama dengan pesan yang kita kirim, kita bisa pula melampirkan berbagai jenis file. Mulai dari video, foto, dokumen dan lain sebagainya. Cukup dengan hanya memiliki 1 akun email, kita bisa melakukan semuanya. Jadi jika kamu belum memiliki akun email, silakan buat terlebih dahulu.

2. Untuk memiliki akun sosial media
Meski kita bisa menggunakan nomor hp untuk mendaftarkan diri disebuah media sosial, tetapi mendaftarkan diri dengan email dinilai jauh lebih aman. Bahkan media sosial seperti facebook, bbm, twitter, dan lainya lebih dulu mengenal email sebagai cara mendaftar sebelum dikenal pula dengan nomor hp.

Bahkan satu-satunya cara untuk bisa mengakses Play Store di Hp android adalah dengan memiliki akun email terlebih dahulu. Jika kamu tertarik membuat media sosial facebook dan BBM dengan memakai email, silakan baca:

3. Untuk mendaftar Paypal
Yang tak kalah penting juga terutama bagi pebisnis online, email adalah sarana yang bisa kita gunakan untuk mendaftarkan diri di PayPal. Kamu tahu Apa itu Paypal? PayPal adalah rekening online yang diakui secara internasional. Melalui akun PayPal kita bisa mentransfer uang dalam bentuk saldo internet ke berbagai negara di dunia dan tentunya cara untuk mendaftarkan diri di PayPal adalah dengan memiliki email terlebih dahulu.

Selain tiga fungsi utama di atas, tentu saja masih ada banyak fungsi email lainya. contohnya seperti untuk akun di ponsel, Play Store, dsb.. 

C. Jenis dan Cara Kerja Email
Mungkin email yang kamu pahami itu adalah Yahoo mail dan Gmail. Padahal Yahoo mail 
(ymail) dan Google mail(Gmail) itu adalah jenis Web based mail. Sementara untuk jenis-jenis email yang sebenarnya bukanlah itu. Jenis email terdiri dari: 

1. Pop Mail (email berbasis POP)
Pop Mail atau E-mail berbasis POP (Post Office Protocol) adalah email yang menggunakan server pop. Cara kerja email yang satu ini adalah dengan menyimpan seluruh email pengguna ke sebuah server di direktori penyimpanan. Ketika pengguna menghubungi server, email akan secara otomatis dikirim ke computer client.

Begitu juga ketika pengguna mengirim email, maka e-mai akan terkirim ke server pop terlebih dahulu untuk selanjutnya diteruskan ke alamat e-mail yang dituju. Sederhananya, ini adalah email dari komputer ke komputer lain dengan basis POP. Jenis email ini contohnya: 
Netscape CommunicatorEudora,MS Outlook Express, Pegasus, dll. 

Kalau itu ibarat orang yang mengirim surat, suratnya sudah diantar tukang pos ke rumahmu. Jadi untuk membuka surat yang kamu terima, kamu tidak perlu datang ke kantor pos lagi, beda dengan Gmail atau Yahoo mail yang mengharuskan kamu ke kantor pos lagi (login ke mail.google.com).

2. Web based mail ( e-mail berbasis web)
Mungkin ini adalah jenis yang paling akrab untuk kamu. Web based e-mail merupakan jenis layanan e-mail dalam bentuk halaman web. Jadi jika kamu ingin mengakses jenis email ini harus masuk ke web penyedia jasa email 
terlebih dahulu. Termasuk bila ingin memeriksa email yang masuk dan mengirim pesan email. 

Untuk jenis email Web based e-mail contohnya adalah yang biasa kita gunakan, misalnya Yahoo mail, Gmail, Hotmail, Microsoft (Outlook.com) dan lain sebagainya.

3. Email Forwarding
Dari namanya E-mail forwarding kita mungkin bisa menebak jenis email apa ini., E-mail forwarding merupakan email yang memberikan layanan untuk meneruskan e-mail yang diterima, ke alamat e-mail tujuan. Biasanya, jenis email ini bermanfaat bagi pengguna yang suka gonta ganti email.

Sederhanya, kamu memiliki banyak akun email, tetapi kamu ingin bila ada pesan masuk ke salah satu akun email kamu, kamu berharap pesan tersebut masuk ke email utama kamu. misalnya kamu punya akun email: a@ymail.com, b@ymail.com dan seterusnya sampai z@ymail.com.

Kamu bisa mengatur semua pesan yang masuk ke a@ymail.com sampai dengan z@ymail.com diteruskan pula secara otomatis ke alamat email utama kamu, misalnya Utama@ymail.com.

Dengan ini, seharusnya kamu sudah tahu tentang apa itu E-mail, fungsinya apa dan manfaatnya apa serta jenis dan cara kerjanya bagaimana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan gunakanlah E-mailmu dengan bijak ya. dan Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada sesuatu yang di janggalkan tentang artikel ini.

0 Response to "Cara Kerja Email"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel